Cara Agar Terhindar dari Bahaya Korsleting Listrik Saat Musim Hujan

GARUT, PT. SABION MULTI KARYA – Curah hujan yang tinggi memicu terjadinya banjir di beberapa wilayah di Tanah Air. Selain menyebabkan kerugian secara materi karena banyaknya rumah yang terendam, banjir juga bisa menyebabkan kerugian lain.

Salah satunya adalah terjadinya korsleting atau tersetrum aliran listrik jika banjir merendam wilayah yang masih terhubung arus listrik. Untuk mengantisipasi hal ini, PLN akan memadamkan listrik jika rumah pelanggan atau gardu distribusi terendam air. Di samping itu, ada beberapa hal yang juga bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi hal serupa. Berikut caranya.

Saat banjir terjadi

1. Matikan instalasi listrik di dalam rumah

Hal ini bertujuan agar seluruh listrik di rumah padam dan menghindari adanya korsleting listrik. Langkah ini juga memperkecil kemungkinan tersetrum aliran listrik saat banjir.

2. Cabut colokan listrik

Saat banjir melanda, Anda juga harus mencabut semua colokan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak. Ini bertujuan untuk memutus aliran listrik jika listrik masih menyala.

3. Pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi

Anda pasti tidak mau kan alat elektronik di rumah rusak karena terendam banjir? Untuk itu, pindahkan semua alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi dan aman dari genangan air.

4. Hubungi PLN jika listrik tidak padam

Jika aliran listrik di rumah sudah padam, coba cek apakah aliran listrik di lingkungan Anda sudah padam semua? Jika belum, segera hubungi contact center PLN 123 dan laporkan wilayah yang listriknya masih belum padam.

5. Hubungi instansi penanggulangan bahaya banjir

Untuk mengantisipasi bahaya listrik, Anda juga bisa menghubungi instansi terkait penanggulangan bahaya banjir untuk meminta bantuan lebih lanjut.

FOTO (DOK PLN)

Setelah banjir surut

1. Pastikan instalasi listrik dalam keadaan kering

Setelah banjir surut, bukan berarti tidak ada lagi bahaya dari korsleting listrik. Instalasi maupun alat elektronik yang ternyata masih basah bisa memicu korsleting saat dihubungkan dengan listrik. Untuk itu, pastikan semuanya kering.

2. Penandatanganan berita acara

Jika semua instalasi listrik sudah dipastikan kering, sebelum pemulihan akan ada penandatanganan berita acara yang disaksikan oleh ketua RT/RW/tokoh masyarakat setempat. (adv/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *