Tips Aman Gunakan Listrik di Rumah. Kamu Harus Cermat Biar Bebas dari Kebakaran

Photo by Clint Patterson on Unsplash via https://unsplash.com

GARUT, PT. SABION MULTI KARYA – Hidup di zaman yang serba modern dengan berbagai macam teknologi, membuat kita harus teliti memilih berbagai peralatan rumah tangga yang membuthkan daya listrik. Mulai dari lemari es, televisi, AC, kipas angin, setrika, mesin cuci. Namun, dalam penggunaannya kamu harus lebih hati-hati jika tidak ingin dirugikan dari peralatan rumah tangga yang kamu gunakan.

Selain itu, kecelakaan yang menyebabkan kebakaran sering terjadi sebagian besar akibat listrik. Entah itu konsleting atau karena kecerobohan pemilik rumah itu sendiri. Karena itu, PLN memberikan tips aman menggunakan listrik di rumah. Berikut adalah tipsnya~

1. Pertama dan wajib banget dilakukan adalah mengikuti instruksi untuk digunakan

panduan penggunaan via https://pixabay.com

Memahami dan mempelajari penggunaan masing-masing peralatan listrik yang digunakan dari buku panduan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal tersebut sangat penting, karena kita bisa mendapaatkan berbagai informasi mulai dari cara penggunaan alat, bagaimana cara merawatnya, dan bagaimana cara menyimpannya.

2. Perhatikan daya listrik

Daya Listrik via https://pixabay.com

Dalam penggunaan peralatan listrik, penting untuk kita memperhatikan daya listrik sesuai dengan daya listrik yang digunakan di rumah kita.

3. Hati-hati saat menghidupkan atau mematikan peralatan listrik

menghidupkan atau mematikan peralatan listrik via https://unsplash.com

Perhatikan kondisi stopkontak saat kamu akan mencabut atau mematikan peralatan listrik dan jangan langsung mencabut stop kontak dari peralatan listrik yang masih menyala.

4. Beri sedikit ruang di sekitar peralatan listrik

Peralatan listrik via https://unsplash.com

Setiap peralatan listrik yang kita gunakan dapat menghasilkan energi panas di sekitarnya, oleh karena itu usahakan jangan meletakkan peralatan listrik di tempat tertutup. Hal tersebut karena komponen di dalamnya mengeluarkan energi panas yang dapat menyebabkan peralatan listrik terbakar bahkan tidak dapat digunakan lagi.

5. Jangan menyentuh peralatan listrik jika tangan basah

Jangan menyentuh peralatan listrik via https://www.bebasbayar.com

Ini penting untuk diperhatikan, Jika tanganmu basah, jangan pernah sekali-kali mencoba memegang peralatan listrik yang menyala. Hal tersebut karena tangan basah mengandung air, dan air adalah konduktor listrik yang baik yang dapat menghantarkan listrik.

Jika tanganmu basah, sebaiknya gunakan kain kering untuk melapisi tangan yang basah jika yang terjadimu sedang buru-buru untuk mencabut listrik.

6. Jangan letakkan peralatan listrik di dekat bahan kimia

Bahan Kimia via https://unsplash.com

Hindari meletakkan bahan kimia di dekat peralatan listrik karena bahan kimia dapat menyebabkan kebakaran. Jangan disepelekan, karena ini sangat berbahaya. Jauhkan barang-barang kimia yang ada disekitar peralatan listrik.

7. Matikan peralatan listrik jika lampu padam

lampu padam via https://unsplash.com

Jika rumahmu sedang mengalami gangguan listrik atau mati lampu, segera matikan peralatan listrik yang sebelumnya dinyalakan. Cabut semua kabel-kabel terlebih dahulu untuk lebih aman. Jika lampu sudah menyala, kamu bebas menancapkan kabel-kabel yang ingin kamu nyalakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *